Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 08 April 2010

Tiwul Makanan Kas Gunung Kidul

Diposting oleh absolutly12

Sobat apakah sobat pernah mendengar TIWUL...?? Dan tiwul itu seperti apa bentunkya??? Dan bagaimana cara menbuatnya...?? Nah saya akan menceritakan sedikit tentang tiwul makanan khas dari desa saya...!!!
Tiwul, atau Thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul ini merupakan makanan khas dari Gunung KIdul yang murah meriah serta aman bagi tubuh kita jadi jangan pernah remehkan tiwul.Sebagai makanan pengganti beras, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras hmm ternyata tiwul memang makanan yang menakjubkan ya...hehe... Tiwul ini dipercaya mencegah penyakit seperti maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Memang tiwul ini merupakan salah satu sejarah ya sobat sejak jaman perang sudah ada....hmm



Cara membuat tiwul sangat mudah yaitu:
1. Kupas ketela sampai bersih plus pake pisau yag tajam sobat
2. Kemudian pepe (basa gaulnya dari gunug kidul) atau jemur 2 atau 3 hari
3. Setelah dijemur ketela tersebut digiling sampai halus
4. Gunakan tampah untuk untuk mencampur hasil gilingan ketela tadi dengan sedikit air
5. Setelah selesai dicampur kukus hingga matang
6. tunggu beberapa menit dan tiwulpun siap untuk di konsumsi

Dan berikut adalah hasil kreasi masakan dari tiwul khas dari Gunung Kidul sobat:







Hmm kelihatanya lezat ya sobat....jika sobat ingin tiwul silahkan sobat datang ke Gunung Kidul (sekalian promosi)....hehe...Disini juga terdapat tempat-tempat yang menarik pastinya akan membuat sobat senang pokoke....!!!

0 komentar:

Posting Komentar