Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Kamis, 08 April 2010

Langgeran Satu-satunya Di Dunia...????

Diposting oleh absolutly12

Sobat taukah LANGGERAN itu apa....??? yah benar langgeran adalah tempat wisata alam yang sangat indah yang ada di kabupaten Gunung Kidul. Sobat Langgeran merupakan tempat yang satu-satunya di dunia lho (kata guruq basa jawa)....hehe...Kenapa??? Karena Langgera adalah suatu tempat pegunungan nan indah yang terbentuk dari letusan gunung beberapa juta tahun yang lau....hhmmm lama juga ya...!!!
Sobat nama Nglanggeran berasal dari kata planggaran yang bermakna setiap perilaku jahat pasti ketahuan. Jangan macam-macam sobat kalo disana barati...hehe. Ada pula yang menuturkan, nama bukit berketinggian 700 meter di atas permukaan laut ini dari kata langgeng. Karena itulah, Wagiran, pemandu di sana, menyebut daerah ini bebas dari perilaku jahat dan asusila karena pasti akan ketahuan...hmm jangan neko-neko disana jadi takut...hehe. Enam juta tahun lalu, seperti disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunung Kidul Birowo Adie, tempat tersebut gunung berapi aktif. Keaktifannya makin berkurang seiring proses alam.Sobat Langgeran terbentuk dari Bongkahan batu-batu besar yang tertinggal adalah material vulkanik tua, merupakan salah satu bukti dulunya memang gunung berapi aktif. Menurut kepercayaan warga, gunung ini dijaga Kyai Ongkowijoyo dan punakawan.

Ada beberapa nama tempat di gunung ini, antara lain Gunung Kelir, Gunung Gedhe, Gunung Blenchong, sumber air Comberan, dan Tlogo Wungu. Comberan yang airnya tak pernah kering ini terletak di puncak Nglanggeran. Puncak gunung ini juga menjadi tempat orang memanjatkan doa pada Yang Mahakuasa.
Di sana keadaanya masih sangat asri sobat dan juga masih terdapat monyet-monyet dan tanaman yang langka seperti kayu cendana dan lain-lain. Disana juga teredapat tempat yang dapat sobat untuk berkemah. Dan sobat juga dapat melihat kota jogjakarta dari atas dan sobat juga dapat bermain motorcros tapi kalo sobat berani lho karena disana bukit-bukitnya curam sekali....???Dan berikut sobat foto-foto halanggeran yang sangat indah...









1 komentar:

absolutly12 mengatakan...

lsnggersn....

Posting Komentar